Friday, November 14, 2014

Pembinaan TPA bersama Kemenag Sleman

Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh Kemenag Sleman yang bekerjasama dengan BADKO Sleman. Dengan tujuan memberikan satu stimulan agar para pengajar TPA lebih inovatif dan lebih menarik ketika menyampaikan materi terhadap santriwan dan santriwati. Sehingga pengajaran dan pembelajaran yang ada di TPA tidak terkesan monoton dan membosankan.

Kali ini mengangkat tema makharijul huruf dengan pemateri Ibu Diah. Beliau merupakan alumnus fakultas syari’ah IAIN Sunan Kalijaga. Beliau adalah pendidik salah satu PAUD dan masih aktif di TPA. Penampilannya yang energik membuat para peserta lebih pay attention dan tidak membosankan. Dengan penyampaian contoh-contoh problematika yang memang semua peserta alami di masing-masing unit, semakin mudah diterima apa yang disampaikan oleh Ibu Diah.

Sebenarnya materi yang beliau sampaikan ada kaitannya dengan seni mengajar BCM (Belajar, Cerita, dan Menyanyi) yang pada pertemuan sebelumnya telah disampaikan oleh Kak Wuntat (Kepsek SDIT Salsabila 5 Purworejo). Tetapi lebih difokuskan di pemahaman tentang huruf dan makhrojnya.

Kegiatan yang diikuti oleh TPA dan lembaga keagamaan se Kabupaten Sleman tersebut selain untuk ajang silaturrahim antara pemerintah dengan unit, juga sebagai media untuk berbagi informasi tebaru tentang kebijakan dari pusat tentang kebijakan-kebijkan yang berkaitan dengan lembaga pendidikan keagamaan yang bersifat non formal.

No comments:

Post a Comment